wilujeng sumping

Sugeng Rawuh teng " PKBMe wong Argasunya, Kudu Weruh "


Senin, 08 Oktober 2012

Profil PKBM Handayani Kota Cirebon

Latar Belakang

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ) Handayani berdiri pada tanggal 20 Februari 2002 di bawah naungan Yayasan Pendidikan HANDAYANI berada di tengah – tengah masyarakat Argasunya. Kelurahan Argasunya merupakan kelurahan paling selatan Kota Cirebon yang masyarakatnya berpenghasilan menengah kebawah. Dengan tingkat ekonomi masyarakat yang lemah, angka partisipasi pendidikan masih rendah. Hal ini dipicu dari berbagai faktor diantaranya : kesadaran orang tua akan pendidikan bagi anak, biaya sekolah yang mahal terutama tingkat SMU, penghasilan orang tua pas - pasan sedangkan anak banyak sehingga terpaksa anak harus membantu orang tua mencari nafkah, dan lain sebagainya.

Berbagai persoalan yang ada menggugah keprihatian, hingga berdirilah PKBM HANDAYANI. Menjadi solusi masyarakat yang tidak berkesempatan mendapatkan pendidikan melalui jalur formal dengan program kejar Paket baik A, B Maupun C, Mebantu pemerintah dalam memperluas akses pendidikan serta ikut andil dalam perubahan Argasunya menjadi lebih maju merupakan harapan dan tujuan berdirinya PKBM Handayani.

Visi
Mewujudkan PKBM yang Profesional menuju Kemandirian di Tahun 2015

Misi
1. Terwujudnya Sumber Daya Manusia yang kompeten.
2. Terwujudnya Sistem Kerja yang termanage dan proporsional.
3. Terwujudnya jaringan kemitraan dengan steakholder termasuk bidang usaha.
4. Terciptannya sumber usaha mandiri.

Tujuan
1.   Menciptakan Tenaga Pendidik yang disiplin, amanah dan profesional.
2.   Menciptakan Tenaga Kependidikan yang kompeten dan menguasai bidang masing -    
       masing.
3.   Menciptakan Warga Belajar yang kompetitif.
4.   Menciptakan management administrasi kelembagaan yang tertib.
5.   Menciptakan management administrasi pembelajaran yang tertib dan sistematis.
6.   Menciptakan kerjasama di bidang usaha dengan lembaga lain.
7.   Menciptakan sarana usaha bagi seluruh warga PKBM menuju kemandirian.

Strategi
1.   Penyusunan Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar yang Proposional dan 
      Demokratis.
2.   Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan secara rutin dan berkesinambungan.
3.   Sistem Rekruitment Tenaga Pendidik yang Dinamis berorienasi pada Kebutuhan dan 
      profesionalisme.
4.   Seminar dan Pelatihan Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik dan Kependidikan.
5.   Sistem KBM yang fleksibel dan sesuai peraturan.
6.   Peningkatan program life skill yang berorientasi pada usaha mandiri.
7.   Peningkatan sarana dan prasarana penunjang program usaha mandiri.

LEGALITAS LEMBAGA
1.   Akta notaris Endi Surdjaja,SH Tanggal 26 Pebruari 1999 Nomor : 58.-
2.     Surat Izin Operasional PKBM HANDAYANI dari Kecamatana Harjamukti Nomor : 420 
      / 187 /    Kec. Harjamukti tanggal 14 Juni 2007
3.     Surat Keterangan Lurah Argasunya Nomor Reg : 421.9 / 558 –Kel.Arg. tanggal 21 Mei 
      2010
4.      NPWP : 02.591.672.7-426.000
5.      Rekening Bank lembaga : Bank Jabar – Banten Cabang Cirebon 0002860198101

Data pengurus
No.
Nama
Jabatan
Jenis Kelamin
Pendidikan
1
Jaruki, S.HI
   Ketua
  Laki - Laki
 S.1
2
Maman Suparman, S.Pd.I
Sekertaris
Laki – laki
S.1
3
Dendi Suparman,S.Pd.SD
Bendahara
Laki - Laki
S.1
4
Sukniasih, S.Pd.I
Koordinator Bidang PAUDNI
Perempuan
S.1
5
Norman Indrianto, S.Pd
Koordinator Kesetaraan
Laki – Laki
S.1
6
Yeti Nurhayati, S.Pd
Koordinator Life Skill dan Kewirausahaan
Perempuan
S.1
7
Rinna Yuliastianti, S.Pd
Koordinator Humas, TIK dan TBM
Perempuan
S.1



Tugas Pokok dan Fungsi Personal

a.     Ketua Yayasan
Membina, menaungi dan ikut membantu kemajuan PKBM Handayani

b.       Ketua PKBM
1.     Bertanggung jawab atas tercapainya seluruh sasaran program yang dikelolanya.
2.     Memimpin dan melaksanakan bersama-sama dengan tutor, sesuai dengan tolak ukur, prosedur dan jadwal yang telah tetapkan.
3.        Mengelola kegiatan rutin sehari-hari.
4.        Mengadakan konsultasi dan meminta pengarahan terhadap penilik (Pembina).
5.    Menyampaikan informasi mengenai hambatan yang dihadapi melalui jalur atasan langsung guna mendapat petunjuk guna penyelesaian dan pemecahannya.
6.        Menyusun rencana operasional kegiatan dilapangan.
7.        Menyusun laporan berkala sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
8.    Bersama-sama dengan penyelenggara dan tutor menyusun rencana kegiatan untuk tahun berikutnya sebagai bahan masukan dalam rangka penyusunan rencana tahap-tahap berikutnya.

c.       Sekretaris
1.        Koordinator penyusun rencana kegiatan.
2.      Mengidentifikasi seluruh kebutuhan baik alat, bahan dan tenaga pendidik atau narasumber untuk lancarnya seluruh kegiatan.
3.        Mengelola administrasi kurikulum dan administrasi kegiatan.
4.        Menyusun hasil perkembangan kegiatan PKBM.
5.        Bertanggung jawab kepada ketua.

e.       Bendahara
1.        Penerima dan pendistribusian keuangan dengan seizin ketua.
2.        Mengelola administrasi keuangan.
3.        Membuat laporan penggunaan keuangan.
4.        Bertanggung jawab kepada ketua.

f.        Koordinator Program
Mrencanakan, mengkoordinir dan mengatur segala kegiatan Program yang akan dan sedang dilaksanakan di PKBM Handayani

g.       Penanggung Jawab PAUDNI ( KF, KUM, PAUD )
1.             Mengelola seluruh kegiatan yang berkaitan dengan Program Pendidikan Anak Usia Dini, KF dan KUM yang berada dibawah naungan PKBM.
2.             Sebagai Koordinator penyelenggara, tutor, warga belajar dan kegiatan 
      Program Pendidikan Anak Usia Dini, KF dan KUM yang berada dibawah naungan PKBM.
3.             Bertanggung Jawab Kepada Ketua.

h.       Bidang Kesetraan ( Paket A, B dan C )
1.        Mengelola seluruh kegiatan yang berkaitan dengan Program Paket A, B dan C.
2.        Sebagai Koordinator penyelenggara, tutor, warga belajar dan kegiatan Program
       Paket A, B dan C.
3.        Bertanggung Jawab Kepada Ketua.

k.       Life skill dan Wirausaha
   Merencanakan, mengkoordinir dan mengatur segala kegiatan Life Skill dan  Kewirausahaan yang akan dan sedang dilaksanakan di PKBM Handayani dan melaporkannya kepada Koordinator Program.

l.        Humas TIK dan TBM
          1.  Menjalin hubungan dam kerjasama dengan pihak luar.
          2.  Mengaktifkan Program Radio, Internet dan Komunikasi di PKBM     
               Handayani 
          3.  Merencanakan dan melaksanakan kegiatan TBM dan melaporkannya pada
               Koordinator Program
 







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar