Latar Belakang
Pusat Kegiatan
Belajar Masyarakat ( PKBM ) Handayani berdiri pada tanggal 20 Februari 2002 di
bawah naungan Yayasan Pendidikan HANDAYANI berada di tengah – tengah masyarakat
Argasunya. Kelurahan Argasunya merupakan kelurahan paling selatan Kota Cirebon
yang masyarakatnya berpenghasilan menengah kebawah. Dengan tingkat ekonomi
masyarakat yang lemah, angka partisipasi pendidikan masih rendah. Hal ini
dipicu dari berbagai faktor diantaranya : kesadaran orang tua akan pendidikan
bagi anak, biaya sekolah yang mahal terutama tingkat SMU, penghasilan orang tua
pas - pasan sedangkan anak banyak sehingga terpaksa anak harus membantu orang
tua mencari nafkah, dan lain sebagainya.
Berbagai
persoalan yang ada menggugah keprihatian, hingga berdirilah PKBM HANDAYANI.
Menjadi solusi masyarakat yang tidak berkesempatan mendapatkan pendidikan
melalui jalur formal dengan program kejar Paket baik A, B Maupun C, Mebantu
pemerintah dalam memperluas akses pendidikan serta ikut andil dalam perubahan
Argasunya menjadi lebih maju merupakan harapan dan tujuan berdirinya PKBM
Handayani.
Visi
Mewujudkan PKBM yang Profesional menuju Kemandirian di Tahun 2015
Misi
1. Terwujudnya Sumber Daya Manusia yang kompeten.
2. Terwujudnya Sistem Kerja yang termanage dan proporsional.
3. Terwujudnya jaringan kemitraan dengan steakholder termasuk bidang usaha.
4. Terciptannya sumber usaha mandiri.
Tujuan
1. Menciptakan Tenaga Pendidik yang disiplin, amanah dan profesional.
2. Menciptakan Tenaga Kependidikan yang kompeten dan menguasai
bidang masing -
masing.
3. Menciptakan Warga Belajar yang kompetitif.
4. Menciptakan management administrasi kelembagaan yang tertib.
5. Menciptakan management administrasi pembelajaran yang tertib
dan sistematis.
6. Menciptakan kerjasama di bidang usaha dengan lembaga lain.
7. Menciptakan
sarana usaha bagi seluruh warga PKBM menuju kemandirian.
Strategi
1. Penyusunan Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar yang
Proposional dan
Demokratis.
2. Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan secara rutin dan
berkesinambungan.
3. Sistem Rekruitment Tenaga Pendidik yang Dinamis berorienasi
pada Kebutuhan dan
profesionalisme.
4. Seminar dan Pelatihan Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik dan
Kependidikan.
5. Sistem KBM yang fleksibel dan sesuai peraturan.
6. Peningkatan program life skill yang berorientasi pada usaha
mandiri.
7. Peningkatan sarana dan prasarana penunjang program usaha
mandiri.
LEGALITAS LEMBAGA
1. Akta notaris Endi
Surdjaja,SH Tanggal 26 Pebruari 1999 Nomor : 58.-
2. Surat Izin Operasional PKBM HANDAYANI dari Kecamatana
Harjamukti Nomor : 420
/ 187 / Kec. Harjamukti tanggal 14 Juni 2007
3. Surat Keterangan Lurah Argasunya Nomor Reg : 421.9 / 558 –Kel.Arg. tanggal
21 Mei
2010
4. NPWP : 02.591.672.7-426.000
5. Rekening Bank lembaga : Bank Jabar – Banten Cabang
Cirebon 0002860198101
Data pengurus
No.
|
Nama
|
Jabatan
|
Jenis Kelamin
|
Pendidikan
|
1
|
Jaruki, S.HI
|
Ketua
|
Laki - Laki
|
S.1
|
2
|
Maman
Suparman, S.Pd.I
|
Sekertaris
|
Laki – laki
|
S.1
|
3
|
Dendi
Suparman,S.Pd.SD
|
Bendahara
|
Laki - Laki
|
S.1
|
4
|
Sukniasih,
S.Pd.I
|
Koordinator Bidang PAUDNI
|
Perempuan
|
S.1
|
5
|
Norman
Indrianto, S.Pd
|
Koordinator Kesetaraan
|
Laki – Laki
|
S.1
|
6
|
Yeti
Nurhayati, S.Pd
|
Koordinator Life Skill dan Kewirausahaan
|
Perempuan
|
S.1
|
7
|
Rinna Yuliastianti, S.Pd
|
Koordinator Humas, TIK dan TBM
|
Perempuan
|
S.1
|
Tugas Pokok dan Fungsi Personal
a. Ketua Yayasan
Membina, menaungi dan ikut membantu kemajuan PKBM
Handayani
b.
Ketua PKBM
1.
Bertanggung jawab atas tercapainya seluruh sasaran
program yang dikelolanya.
2.
Memimpin dan melaksanakan bersama-sama dengan tutor,
sesuai dengan tolak ukur, prosedur dan jadwal yang telah tetapkan.
3.
Mengelola kegiatan rutin sehari-hari.
4.
Mengadakan konsultasi dan meminta pengarahan terhadap
penilik (Pembina).
5.
Menyampaikan informasi mengenai hambatan yang dihadapi
melalui jalur atasan langsung guna mendapat petunjuk guna penyelesaian dan
pemecahannya.
6.
Menyusun rencana operasional kegiatan dilapangan.
7.
Menyusun laporan berkala sesuai dengan ketentuan yang
berlaku.
8.
Bersama-sama dengan penyelenggara dan tutor menyusun
rencana kegiatan untuk tahun berikutnya sebagai bahan masukan dalam rangka
penyusunan rencana tahap-tahap berikutnya.
c.
Sekretaris
1.
Koordinator penyusun rencana kegiatan.
2.
Mengidentifikasi seluruh kebutuhan baik alat, bahan
dan tenaga pendidik atau narasumber untuk lancarnya seluruh kegiatan.
3.
Mengelola administrasi kurikulum dan administrasi
kegiatan.
4.
Menyusun hasil perkembangan kegiatan PKBM.
5.
Bertanggung jawab kepada ketua.
e.
Bendahara
1.
Penerima dan pendistribusian keuangan dengan seizin
ketua.
2.
Mengelola administrasi keuangan.
3.
Membuat laporan penggunaan keuangan.
4.
Bertanggung jawab kepada ketua.
f.
Koordinator Program
Mrencanakan, mengkoordinir dan mengatur segala
kegiatan Program yang akan dan sedang dilaksanakan di PKBM Handayani
g.
Penanggung Jawab PAUDNI ( KF, KUM, PAUD )
1.
Mengelola seluruh kegiatan yang berkaitan dengan
Program Pendidikan Anak Usia Dini, KF dan KUM yang berada dibawah naungan PKBM.
2.
Sebagai Koordinator penyelenggara, tutor, warga belajar
dan kegiatan
Program Pendidikan Anak
Usia Dini, KF dan KUM yang berada dibawah naungan PKBM.
3.
Bertanggung Jawab Kepada Ketua.
h.
Bidang Kesetraan ( Paket A, B dan C )
1.
Mengelola seluruh kegiatan yang berkaitan dengan
Program Paket A, B dan C.
2.
Sebagai Koordinator penyelenggara, tutor, warga
belajar dan kegiatan Program
Paket A, B dan C.
3.
Bertanggung Jawab Kepada Ketua.
k.
Life skill dan Wirausaha
Merencanakan, mengkoordinir dan mengatur segala kegiatan Life Skill dan
Kewirausahaan yang akan dan sedang dilaksanakan di PKBM Handayani dan
melaporkannya kepada Koordinator Program.
l. Humas TIK dan TBM
1. Menjalin hubungan dam kerjasama dengan pihak
luar.
2. Mengaktifkan Program Radio, Internet dan Komunikasi di PKBM
Handayani
3. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan TBM dan melaporkannya pada
Koordinator Program